Cara Menghitung Poin MotoGP Posisi Finish 1-16

Posisi Finish MotoGP peringkat satu merupakan sebuah prestisi yang besar bila mampu dicapai seorang rider. Meraih posisi finish teratas menjadi misi para rider untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Angka terbanyak pada akhir musim atau akhir balapan dapat menentukan pembalap jadi juara dunia motoGP di tahun tersebut atau tidak. Tentu, perhitungan poin MotoGP disetiap race digunakan untuk menentukan posisi pembalap di klasemen sementara.

cara hitung poin motogp

Cara menghitung Poin Pembalap

Bagi seorang pembalap MotoGP yang berhasil memenangkan sebuah balapan atau finish di posisi pertama, maka pembalap tersebut akan mendapatkan poin tambahan sebesar 25. Sedangkan untuk pembalap yang finish diposisi kedua maka pembalap tersebut akan mendapat poin tambahan sebesar 20 poin serta untuk pembalap yang finish diposisi ketiga akan mendapatkan poin tambahan sebesar 16 poin. Yang akan menaiki podium adalah pembalap yang finish diposisi 1, 2 dan 3 saja dan dapat merayakannya di atas podium serta mendapat sebuah apresiasi dari penyelenggaraan balapan untuk setiap seri balapan motoGP.

Secara lengkap semua pembalap yang finish diposisi 1 – 15 akan mendapatkan tambahan poin namun dengan jumlah poin yang berbeda, sedangkan untuk yang finish di posisi 16 dan seterusnya tidak akan mendapat poin tambahan atau ditambah 0 poin. Berikut daftar tambahan poin secara lengkap, antara lain:

Cara Hitung Poin MotoGP 

  1. Finish posisi 1: 25 poin

  2. Finish posisi 2: 20 poin

  3. Finish posisi 3: 16 poin

  4. Finish posisi 4: 13 poin

  5. Finish posisi 5: 11 poin

  6. Finish posisi 6: 10 poin

  7. Finish posisi 7: 9 poin

  8. Finish posisi 8: 8 poin

  9. Finish posisi 9: 7 poin

  10. Finish posisi 10: 6 poin

  11. Finish posisi 11: 5 poin

  12. Finish posisi 12: 4 poin

  13. Finish posisi 13: 3 poin

  14. Finish posisi 14: 2 poin

  15. Finish posisi 15: 1 poin

  16. Finish posisi 16-end: 0 poin

Cara menghitung Poin Konstruktor

Perhitungan poin untuk tim MotoGP didasarkan oleh jumlah pembalap yang diturunkan untuk mengikuti balapan MotoGP. Bila pembalap yang diturunkan oleh tim hanya satu orang, maka poin yang didapatkan tim adalah poin yang diperoleh si pembalap di tiap race. Akan tetapi jika ada dua pembalap yang diturunkan, maka total poin dari pembalap pertama dan pembalap kedua akan menjadi poin dari tim.

Perhitungan untuk konstruktor adalah perhitungan yang diperoleh dari akumulasi total poin pembalap yang terbaik di setiap race atau di setiap masing-masing seri balapan MotoGP dari sebuah brand yang mensponsori pembalap tersebut. Dari tiga poin diatas, yang lebih sering orang ketahui sepertinya cara menghitung poin motoGP.

Cara Menghitung Poin MotoGP Posisi Finish 1-16 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dodik Mulyanto

0 comments:

Posting Komentar

Dilarang Ngomong Jelek