35 Daftar Istilah di Dunia MotoGP

Daftar Istilah di dunia MotoGP. Grand Prix sepada motor atau lebih dikenal dengan sebutan MotoGP merupakan gelaran balap motor pada kelas puncak atau tertinggi. Balapan ini dibagi menjadi 3 kelas mesin yang berbeda antara lain Moto2, Moto3 dan MotoGP. Jika anda menonton balapan MotoGP melalui televisi atau siaran langsung, pasti anda mendengar istilah-istilah baru yang sering diucapkan oleh komentator. Berikut beberapa istilah yang ada dalam balapan MotoGP.

Istilah di Dunia MotoGP

  1. Braking Marker: Braking Marker merupakan suatu titik yang digunakan oleh pembalap sebagai penanda bahwa pembalap tersebut harus mulai mengerem karena akan memasuki tikungan. Penanda yang bisa digunakan oleh pembalap yaitu papan iklan, tanda khusus di area trek, pohon, penonton, dan apapun yang bisa membantu pembalap tersebut.
  2. Wild Cards: Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja.
  3. Free Practice: Sesi latihan bebas atau akrab disebut FP1-FP4.
  4. Chicane: Chicane merupakan dua tikungan yang berdekatan dan berlawanan arah yang ada dalam trek, dan terlihat seperti huruf S.
  5. Curbstones: Curbstones merupakan suatu penanda yang digunakan untuk memandu pembalap yang terletak pada sisi trek khususnya di bagian setelah tikungan dan sebagian besar dicat mencolok dengan dua warna yang berbeda.
  6. Red Flag: Bendera Merah adalah tanda bahwa race (balapan) dihentikan karena alasan tertentu, misalnya cuaca memburuk atau lintasan berbahaya bagi pembalap. Bendera merah juga dikibarkan karena alasan teknis dan non-teknis.
  7. Displacement: Displacement merupakan bagian dari mesin motor atau kapasitas/isi silinder mesin yang dinyatakan dalam satuan centimeter kubik seperti 250 cc, 600cc, atau 1000cc.
  8. Dry Race: Dry Race merupakan suatu keadaan lintasan / trek yang dinyatakan kering atau panas, maka seorang pembalap disarankan untuk menggunakan ban slick.
  9. Tribun: Tempat duduk bagi para penonton, tamu, wartawan, lokasi di dekat lintasan.
  10. Jump Start: Sebuah pelanggaran rider saat memulai balapan dimana keadaan lampu merah belum padam namun sudah melaju.
  11. Fairing: Fairing merupakan bagian pada badan motor yang paling luar dan berfungsi untuk melindungi motor serta pembalap dari debu dan angin.
  12. FIM: FIM merupakan kependekan dari Federation Internationale de Motorcyclisme atau badan yang mengatur kegiatan olahraga motor yang ada di seluruh dunia.
  13. Grid: Grid merupakan trek yang digunakan semua pembalap untuk berkumpul dalam setiap awal balapan dengan berbaris sesuai dengan hasil yang diraih pada kualifikasi.
  14. Hairpin: Hairpin merupakan sebuah tikungan yang sangat sempit yang perlu dilalui oleh pembalap dengan cara yang lebih perlahan, tikungan ini biasanya berbentuk U atau V.
  15. Race Direction: Tim yang terdiri dari perwakilan dari Dorna, FIM, dan IRTA pada setiap Grand Prix untuk mengambil keputusan berbagai masalah di MotoGP.
  16. Ride Through: Hukuman bagi pembalap yang melakukan jump start sebelum balapan secara resmi dimulai, ia diminta untuk berkendara melalui jalur pit.
  17. Rookie: Pembalap yang ikut kompetisi pada musim pertamanya di kelas mana pun.
  18. High Side: High Side merupakan sebuah kecelakaan motogp yang disebabkan ban belakang motor slip. High Side ditandai juga dengan bagian belakang motor terlempar ke atas.
  19. Hole-shot: Hole-shot merupakan suatu posisi pembalap yang memimpin balapan dari awal tikungan sampai akhir.
  20. Low Side: Low side merupakan sebuah kecelakaan yang diakibatkan kedua ban motor yang kehilangan daya cengkeram dan tidak dapat kembali normal yang membuat pembalap tergelincir.
  21. Lean Angle: Lean Angle merupakan keadaan di saat pembalap melewati tikungan dengan kecepatan tinggi dengan posisi lutut dan siku pembalap menyentuh permukaan aspal.
  22. Parc Ferme: Parc Ferme merupakan area yang digunakan sebagai tempat parkir bagi pembalap yang akan menaiki podium.
  23. Green Flag: Bendera Hijau merupakan Tanda track aman. Bendera ini biasanya dikibarkan saat free practice  atau latihan bebas dan sesi pemanasan (warm up).
  24. Bendera Belang Kotak Hitam Putih: Bendera yang dikibarkan di akhir Race atau akhir lap.
  25. Pit Crew: Pit Crew merupakan bagian dari tim seorang pembalap seperti manajemen tim, mekanik, dan asisten dari pembalap tersebut.
  26. Pit-box: Tempat sementara yang memiliki akses langsung menuju pit lane.
  27. Pit Lane: Lajur akses yang biasanya berbatasan dengan main straight pada sirkuit.
  28. Stop and Go Penalty: Pelanggaran yang mengakibatkan rider harus masuk pitlane dan berhenti beberapa detik.
  29. Black Flag: Bendera Hitam merupakan jenis hukuman untuk rider dan mengharuskan ia keluar dari lomba atau diskualifikasi.
  30. Podium: Tempat merayakan keberhasilan meraih posisi finish 1,2,3.
  31. Warm Up: Merupakan sesi pemanasan yang digelar beberapa jam sebelum Race utama dilangsungkan.
  32. Warm Up Lap: Sesi pemanasan sebanyak satu lap yang dilakukan sebelum start Race.
  33. Wheelie: Pertunjukan mengangkat roda depan motor yang dilakukan oleh rider dalam momen tertentu, misal berhasil finish di posisi bagus.
  34. Pole Position: Posisi start terdepan dalam race yang didapatkan dalam sesi kualifikasi.
  35. Kualifikasi: Merupakan ajang penting sebelum race, tahap ini dilakukan untuk menyeleksi siapa saja yang mengisi Grid pertama hingga paling belakang. Grid pertama diisi oleh tiga rider peraih waktu tercepat di babak kualifikasi.

Setelah membaca istilah-istilah di dunia motoGP diatas, apakah anda sudah bertambah ilmu pengetahuannya di ajang balapan paling keren tersebut?.