Daftar 16 Istilah di Balapan MotoGP dan Artinya

Motor Grand Prix atau lebih dikenal dengan sebutan MotoGP merupakan gelaran balap motor pada kelas puncak atau tertinggi. Balapan ini dibagi menjadi 3 kelas mesin yang berbeda antara lain Moto2, Moto3 dan MotoGP. Jika anda menonton balapan MotoGP melalui televisi atau siaran langsung, pasti anda mendengar istilah-istilah baru yang sering diucapkan oleh komentator. Berikut beberapa istilah yang ada dalam balapan MotoGP dan artinya.

Istilah-Istilah dalam MotoGP

  1. Braking Marker

Braking Marker merupakan suatu titik yang digunakan oleh pembalap sebagai penanda bahwa pembalap tersebut harus mulai mengerem karena akan memasuki tikungan. Penanda yang bisa digunakan oleh pembalap yaitu papan iklan, tanda khusus di area trek, pohon, penonton, dan apapun yang bisa membantu pembalap tersebut.

  1. Chicane

Chicane merupakan dua tikungan yang berdekatan dan berlawanan arah yang ada dalam trek, dan terlihat seperti huruf S.

  1. Curbstones

Curbstones merupakan suatu penanda yang digunakan untuk memandu pembalap yang terletak pada sisi trek khususnya di bagian setelah tikungan dan sebagian besar dicat mencolok dengan dua warna yang berbeda.

  1. Displacement

Displacement merupakan bagian dari mesin motor atau kapasitas/isi silinder mesin yang dinyatakan dalam satuan centimeter kubik seperti 250 cc, 600cc, atau 1000cc.

  1. Wet/ Dry Race

Dry Race merupakan suatu keadaan lintasan / trek yang dinyatakan kering atau panas, maka seorang pembalap disarankan untuk menggunakan ban slick. Sedangkan Wet Race dimana motoGP digelar diatas lintasan basah/ dibawah guyuran hujan.

  1. Fairing

Fairing merupakan bagian pada badan motor yang paling luar dan berfungsi untuk melindungi motor serta pembalap dari debu dan angin.

  1. FIM

FIM merupakan kependekan dari Federation Internationale de Motorcyclisme atau badan yang mengatur kegiatan olahraga motor yang ada di seluruh dunia.

  1. Grid

Grid merupakan trek yang digunakan semua pembalap untuk berkumpul dalam setiap awal balapan dengan berbaris sesuai dengan hasil yang diraih pada kualifikasi.

  1. Hairpin

Hairpin merupakan sebuah tikungan yang sangat sempit yang perlu dilalui oleh pembalap dengan cara yang lebih perlahan, tikungan ini biasanya berbentuk U atau V.

  1. High Side

High Side merupakan sebuah kecelakaan yang diakibatkan karena ban belakang motor tergelincir dan membuat bagian belakang motor terlempar ke atas.

  1. Hole-shot

Hole-shot merupakan suatu keadaan pembalap yang memimpin balapan dari awal tikungan sampai akhir.

  1. Low Side

Low side merupakan sebuah kecelakaan yang diakibatkan kedua ban motor yang kehilangan daya cengkeram dan tidak dapat kembali normal yang membuat pembalap tergelincir.

  1. Lean Angle

Lean Angle merupakan keadaan di saat pembalap melewati tikungan dengan kecepatan tinggi dengan posisi lutut dan siku pembalap menyentuh permukaan aspal.

  1. Parc Ferme

Parc Ferme merupakan area yang digunakan sebagai tempat parkir bagi pembalap yang akan menaiki podium.

  1. Pit Crew

Pit Crew merupakan bagian dari tim seorang pembalap seperti manajemen tim, mekanik, dan asisten dari pembalap tersebut.

Itulah 15 daftar istilah di dunia MotoGP yang selama ini sering terlontar dari komentator maupun MC acara olahraga. Jangan lupa, share dan tag teman anda agar ikut tahu ya!.